Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

makanan untuk ibu hamil

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

RAGAMKESEHATAN.COM – Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Baik.  Mempunyai seorang momongan memang menjadi idaman bagi sepasang suami istri yang sudah menikah. Tak hanya itu, kedua belah keluarga suami dan istri pastinya mengharapkan kehadiran seorang bayi dalam pasangan yang habis menikah. Ketika tiba waktunya sang istri dinyatakan positif hamil, maka sang suami pun pasti berubah menjadi suami siaga. Dalam proses kehamilan tentunya baik suami dan juga istri harus benar – benar menjaga dengan baik janin yang ada di dalam kandungan. Banyak sekali tips – tips yang perlu dipelajari bagi pasangan yang sudah dianugerahi janin di dalam kandungan. Salah satunya yaitu menjaga asupan makanan untuk ibu hamil.

Asupan makanan ibu hamil memang harus diperhatikan demi kesehatan calon ibu dan anak. Bagi ibu hamil tidak disarankan memakan sembarangan karena hal itu bisa menyebabkan dampak yang buruk. Lalu apa saja makanan untuk ibu hamil yang sehat dan boleh dikonsumsi? Simak ulasan berikut ini.

Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Baik

  • Mengkonsumsi Telur

Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward mengatakan bahwa telur adalah salah satu makanan yang bagus untuk ibu hamil karena bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Telur juga mengandung kalori sekitar 90 kalori dalam satu butir telur. Selain itu ada lagi kandungan yang terdapat dalam telur yaitu vitamin. Ada hampir 12 vitamin bahkan lebih yang terkandung dalam satu butir telur. Bukan hanya itu saja, telur juga mengandung banyak protein dan mineral. Dengan mengkonsumis telur, sel – sel bayi yang ada di dalam janin anda akan tumbuh pada tingkat eksponensial. Jika dilihat, telur memang banyak mempunyai kandungan yang baik untuk dikonsumsi, tak khayal kalau telur merupakan satu makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan. Jadi, bagi ibu hamil sebaiknya perbanyak mengkonsumsi telur untuk kesehatan janin dan kesehatan anda.

  • Mengkonsumsi Ikan Salmon

Apakah kalian pernah mencicipi ikan salmon? Ikan salmon yang mempunyai daging yang lembut ini memang sejak dulu terkenal dengan rasanya yang enak. Selain enak, ternyata ikan salmon ini juga banyak mengandung beberapa zat yang bagus untuk perempuan terutama ibu hamil. Ikan salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi dan juga merupakan sumber omega 3, lemaknyan sangat berguna untuk kesehatan bayi di dalam perut anda, Berbeda dengan ikan lain yang banyak mengandung merkuri yang cukup banyak, ikan salmon justru mengandung sedikit merkuri. Merkuri ini sebenarnya sangat bahaya bagi ibu hamil untuk dikonsumsi karena bisa mengganggu perkembangan sistem saraf bayi. Namun, bagi ibu hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan salmon. Sebaiknya konsumsi ikan salmon dengan batasan 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri tersebut.

  • Mengkonsumsi Kacang Terutama Buncis

Kacang ternyata merupakan makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan. Dari semua jenis kacang – kacangan, buncis adalah salah satu yang terbaik dibandingkan dengan jenis kacang lain karena serat dan protein di dalam buncis paling banyak. Protein adalah zat yang paling penting untuk masa kehamilan bagi calon ibu yang mengandung. Tak hanya itu, serat juga tak kalah penting karena pada masa kehamilan saluran pencernaan sudah melambat dan bisa menyebabkan resiko sembelit. Nah, untuk itu kegunaan buncis yang mengandung serat sebagai memperlancar saluran pencernaan. Selain itu buncis juga memiliki banyak zat yang bagus untuk pertumbuhan janin seperti folat dan kalsium.

  • Mengkonsumsi Walnut

Apakah kalian sering mendengar walnut? Ya, mungkin tidak sesering kalian mendengar telur dan kacang bukan? Tahukah kalian bahwa walnut ini merupakan makanan yang direkomendasikan bagi ibu hamil supaya si calon ibu dan bayi terhindar dari penyakit yang tidak dinginkan. Jika bagi ibu hamil yang kurang menyukai ikan atau telur, maka walnut menjadi makanan alternatif untuk dikonsumsi. Walnut adalah salah satu sumber nabati omega 3 terbanyak dan biasanya digunakan sebagai campuran snack atau salad.

  • Mengkonsumsi Popcorn dan Biji – bijian

Popcorn yang berasal dari jagung ini merupakan makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan lho. Karena popcorn adalah salah satu makanan yang mengandung gandum. Gandum sendiri memiliki banyak khasiat yang berguna bagi calon ibu dan bayi. Gandum yang kaya akan serat sangat membantu untuk kesehatan kandungan dan juga gandum memiliki nutrisi lain berupa vitamin E, selenium dan fitonutrien atau senyawa dari tanaman yang melindungi sel – sel dalam tubuh anda. Jadi tidak hanya popcorn yang baik untuk kesehatan calon ibu dan bayi tapi biji – bijian lain juga berguna untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

  • Mengkonsumsi Ubi Jalar

Tak disangka ternyata ubi jalar juga bisa menjadi makanan sehat untuk ibu hamil dan calon bayi dalam kandungan. Dalam ubi jalar yang dagingnya berwarna oranye mempunyai kandungan karotenoid yang banyak mengandung vitamin A dalam tubuh kita. Selain itu, ubi jalar juga mempunyai kandungan lainnya yang juga sangat membantu kesehatan calon bayi anda seperti serat, vitamin C dan juga folat. Ubi jalar merupakan salah satu tumbuhan yang mudah ditanam di mana saja. jadi anda bisa menanam di pekarangan rumah untuk mendapatkan hasil tanpa harus membuang uang banyak.

  • Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk semua orang terutama ibu hamil. Sayur yang memiliki manfaat banyak karena mengandung banyak nutrisi ini menjadi komoditas utama untuk dikonsumsi banyak orang. Kandungan yang terdapat dalam sayuran hujau seperti vitamin A, vitamin C dan juga vitamin K serta folat sangat berguna untuk kesehatan calon ibu dan bayi dalam perut serta sayuran hijau bagus untuk kesehatan mata.

  • Mengkonsumsi Daging Tanpa Lemak

Daging mempunyai banyak kandungan yang diperlukan untuk seorang ibu hamil, namun jika seorang ibu hamil ingin mengkonsumsi daging sebaiknya pilihlah daging yang tanpa lemak atau lemaknya sudah dipisahkan. Mengkonsumsi daging tanpa lemak memang bagus untuk kesehatan calon ibu dan bayi karena untuk menghindari perpindahan bakteri seperti sarmonella pada bayi anda.

Nah, itu tadi adalah makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan. Tentunya dalam mengkonsumsi apapun sebaiknya jangan terlalu berlebihan meskipun yang dikonsumsi itu bergizi. Sesuatu yang berlebihan memang tidak dilarang tetapi mengkonsumsi makanan dengan takaran dan porsi yang tepat memang harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaatnya. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

4 Shares
Share4
+1
Tweet
Share
Pin