Kebiasaan Berbahaya Selain Merokok

kebiasaan berbahaya selain merokok

Kebiasaan Berbahaya Selain Merokok

RAGAMKESEHATAN.COM – Kebiasaan Berbahaya Selain Merokok. Setelah harga rokok yang sekarang sedang melonjak drastis dan banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut. Akan tetapi, dibalik itu semua pasti ada manfaatnya. Ya, tentu saja masyarakat di Indonesia bisa terbebas dari yang namanya rokok. Tetapi hal itu sepertinya tidak akan bertahan lama, karena ada hal yang sama berbahayanya dengan kebiasaan merokok. Yaitu sebabnya karena kebiasaan kita sehari-hari yang memiliki bahaya yang sama dengan merokok.

Kebiasaan Berbahaya Selain Merokok

Dampak dari kebiasaan ini lebih mempengaruhi kesehatan dibandingkan merokok, ujar dari salah seorang peneliti. Sebagaimana dikutip disitus Yahoo Shine yang menyatakan sebagai berikut, yaitu “dampaknya bahkan bisa jadi lebih berbahaya dari merokok”. Langsung saja kita bahas kebiasaan yang bebahaya selain merokok.

Yang Pertama. Terlalu banyak duduk

Hal pertama tentang kebiasaan berbahaya selain merokok yaitu terlalu banyak duduk. Jika kita terlalu banyak duduk sepanjang hari dapat berkaitan dengan banyak penyakit baik langung mau pun tidak langsung. Seperti yang kita tahu yaitu dengan penyakit paru-paru, prostat, kanker payudara, dan usus besar. Karena kebanyakan duduk akan berdampak seperti itu.

Lalu untuk mencegah penyakit tersebut, menurut para ahli yang merekomendasikan para pegawai kantoran untuk sesekali aktif bergerak. Seperti berjalan kaki dan setidaknya menggunakan tangga ketimbang menggunakan lift. Mengapa karena kita harus sedikit aktif dan bergerak agar tidak terkena penyakit yang kita ketahui.

Dan menurut Abert Health Services-cencer Care yang berpusat di kota Kanada, dua pertiga kasus kanker di akibatkan oleh rokok. Kemudian sisanya disebabkan oleh faktor kurang aktif bergerak.

Yang Kedua. Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani

Selanjutnya kebiasaan berbahaya selain merokok yaitu terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani. Yang seperti kita tahu dalam protein hewani terdapat sebuah zat Bernama IGF-1. Zat tersebut yang bertanggung jawab dengan perkembangan sel yang tidak normal. Dan didalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan di Universitas Southern California belum lama ini. Ada seseorang yang aktif mengosumsi protein hewani lebih beresiko mengalami kanker dibanding para perokok.

Tips dari kami, mulai dari sekarang coba gantilah protein hewani kalian dengan protein yang berasal dari tumbuh – tumbuhan atau disebut protein nabati. Karena protein ini sangat sehat dan dapat menguatkan daya tahan tubuh terhadap serangan kanker. Cobalah makan-makanan yang mengandung protein nabati agar tetap sehat dan membuat daya tahan tubuh terhindar dari serangan kanker.

Sebagai hal yang wajar bagi orang dewasa yang mempunyai kebutuhan protein harian yaitu sebesar 0,8 gram protein. Kebutuhan tersebut untuk setiap kilogram berat badan orang dewasa. Hal yang wajar ya untuk orang dewasa.

Yang ketiga. Memasak makanan dengan menggunakan Kompor Gas

Lalu kebiasaan berbahaya selain merokok berikutnya yaitu memasak makanan dengan kompor gas. Mungkin kurang banyak yang tahu soal ini kalau kompor gas sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu penyakit kanker. Mengapa? Karena kandungan emisi berupa karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehid yang sangat beracun dan dapat menimbulkan kanker.

Saat kompor di nyalakan akan mengeluarkan gas yang mengandung karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan formaldehid yang sangat beracun dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Hal tersebut juga dapat memicu kanker dan tidak sehat untuk tubuh.

Semua masalah tentu saja ada solusinya. Bagaimana cara menghindari zat ini agar tidak terhirup. Mudah saja yaitu dengan cara membuka pentilasi baik itu pintu maupun jendela saat menyalakan kompor gas. Supaya zat tersebut bisa dikurangi.

Yang keempat. Salah menggunakan minyak goreng saat menggoreng

Berikutnya kebiasaan berbahaya selain merokok yaitu sering salah menggunakan minyak goreng. Yang kita ketahui banyak jenis minyak yang sering kita pakai saat akan menggoreng makanan atau masakan. Dan juga masing-masing minyak memiliki reaksi berbeda saat dipanaskan. Karena ada juga minyak yang alami dan juga menggunakan bahan kimia.

Dan ada juga contoh minyak yaitu ada minyak kedelai dan minyak sayur. Minyak itu akan mengeluarkan zat aldehid dan hidrokarbok aromatik polisiklinik jika mencapai titik panas tertentu.

Karena kedua zat ini yang sering kita pakai untuk minyak goreng. Ternyata terdapat pada asap rokok dan sangat berbahaya bagi sistem pernafasan kita sebagai manusia. Karena itu, kami akan memberikan solusi dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak alpukat yang lebih aman dan sehat suhu yang tinggi.

Yang kelima. Kurang Tidur

Selanjutnya kebiasaan berbahaya selain merokok yaitu kurang tidur. Kalian pasti mempunyai masalah dengan gangguan kurang tidur seperti sleep apnea dan insomnia. Dan terkadang, sering banyak kerjaan yang mengakibatkan kita kurang tidur. Kekurangan jumlah tidur sangat berbahaya bagi kesehatan juga loh. Karena dapat menyababkan timbulnya beragan jenis penyakit dan bahkan juga kematian mendadak.

Dan para penelitian menyebut “kurang tidur kurang dari 5 jam setiap hari memiliki resiko yang sama dengan para perokok”. Karena itu kita harus bisa menyesuaikan pola tidur kita, kurang lebih kita tidur 7 – 8 jam setiap hari agar tetap sehat dan fit saat pagi hari.

Yang Keenam. Tanning Indoor atau menggelapkan kulit di dalam ruangan

Dan terakhir tentang kebiasaan berbahaya selain merokok yaitu tanning indoor atau sering disebut penggelapan kulit di dalam ruangan. Oh iya, ada yang tau jaman sekarang ini sedang hot dibicarakan metode penggelapan kulit yang dilakukan didalam ruangan tertutup. Atau yang biasa sering kita kenal dengan istilah tanning indoor yang bertujuan untuk menggelapkan kulit.

Walaupun hasilnya sangat baik dan instan, tetapi sayangnya metode ini merangsang pertumbuhan sel-sel kanker yang menyerang sel kulit serem juga yah.

Berikutnya para ahli sepakat menyebut metode ini sebaiknya dihindari karena dapat mencegah hal yang tidak diinginkan. Menurut kami Tanning indoor ini juga sangat berbahaya karena efek sampingnya yang menyeramkan. Hal ini yang dapat menyebabkan terangsangnya sel-sel kanker yang tidak normal yang dapat menyerang sel-sel kulit.

Karena itu kita harus menghindari tanning indoor. Hal tersebut sangat berbahaya juga untuk kesehatan anda walau pun sedang naik daun. Tetapi kalian harus menghindari hal tersebut karena dapat menyababkan hal yang fatal dan hal yang tidak diinginkan.

Sekian dari kami informasi yang singkat karena bukan hanya merokok saja yang berbahaya. Akan tetapi hal yang sehari – hari yang sering kita lakukan juga dapat menjadi hal yang beresiko untuk kesehatan. Hidup sehat tidak hanya dengan berhenti merokok tapi dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu juga dengan cara makan sehat lima sempurna, rajin olah raga dan istirahat yang cukup. Demikian informasi mengenai kebiasaan berbahaya selain merokok, semoga bermanfaat dan bagikan informasi ini ke orang – orang terdekat anda. Terima kasih.

5 Shares
Share4
+11
Tweet
Share
Pin